BOJONGGENTENG.DESA.ID – Pemerintah Desa Bojonggenteng Kecamatan Jampangkulon Kabupaten Sukabumi mulai hari Jum’at – Sabtu (4-5 Agustus 2017) menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Dasar Penanggulangan Bencana yang diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari Satuan Perlindungan Masyarakat (SatLinmas) sebanyak 20 orang dan Karang Taruna sebanyak 30 orang bertempat di Lapang Sepak Bola Bojonggenteng.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan Kapasitas Satlinmas dan Karang Taruna Desa Bojonggenteng dalam upaya penanggulangan bencana yang sewaktu-waktu mungkin terjadi, dan kita berharap hal ini tidak benar-benar terjadi” ungkap Kepala Desa Bojonggenteng (ENDAN S.) dalam sambutannya. “adapun pembiayaannya bersumber dari Dana Desa tahun 2017” Lanjut Kepala Desa.  Pelatihan Dasar Penanggulangan Bencana ini dibuka oleh Camat Jampangkulon (DEDI SURYANA, S.IP., MM.) serta dihadiri pula oleh Kasie Trantib Kec. Jampangkulon,  Babinkamtibmas, dan yang menjadi Instruktur yaitu dari BPBD Kab. Sukabumi dan Koordinator TKSK termasuk para relawannya.

Dalam Pelatihan Dasar ini selain teori, Peserta juga melakukan Simulasi penanggulangan bencana gempa bumi, mulai laporan adanya terjadi gempa, evakuasi warga sampai pencarian dan penanganan korban. Hasil evaluasi Tim dari BPBD Kabupaten Sukabumi bahwa secara keseluruhan simulasi dianggap baik namun tentunya dengan beberapa catatan kekurangan, namun demikian Kepala Desa berharap Satlinmas dan Karang Taruna siap menghadapi berbagai kemungkinan. (Drag)

Bagikan Berita