MUSRENBANGDES 2019 : Partisipasi Masyarakat Kunci Keberhasilan

bojonggenteng.desa.id – Selasa (18/09/2018) Bertempat di Aula Kantor Desa Bojonggenteng, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dengan difasilitasi Pemerintah Desa Bojonggenteng telah menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk Tahun 2019. Musrenbangdes tersebut dihadiri oleh Pemerintah Desa, BPD, Unsur Masyarakat/ Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga/Instansi lain yang ada di Desa Bojonggenteng juga tampak hadir Tim Monitoring Kecamatan (Sekrtetaris Camat yang didampingi Kasi Sarpraswil), Babinkamtibmas, dan PLD.

Dalam sambutannya Kepala Desa Bojonggenteng (Endan S.) mengatakan bahwa “untuk tahun 2019 mendatang Pengelolaan Keuangan Desa ini cukup berat mulai dari Perencanaan sampai Pertanggungjawaban, hal ini karena adanya pergantian regulasi dari Permendagri 113 tahun 2014 menjadi Permendagri 20 Tahun 2018.” Namun demikian setiap adanya perubahan pasti selalu akan ada penolakan karena ada beberapa hal yang baru atau dirubah baik dari sisi format maupun nomenklaturnya. Untuk itu saya berharap kepada semua perangkat desa khususnya bahkan seluruh yang hadir saat ini agar segera memahami perubahan tersebut.” lanjut Kepala Desa diakhir sambutannya.

Sementara Sekmat Jampangkulon (Ahmad Juaeni, S.Ag., MM) yang didampingi Kasi Sarpraswil (Dadun, S.IP., M.Si) mengungkapkan hal yang senada dengan Kepala Desa bahkan beliau menambahkan “bahwa pembangunan di Desa Bojonggenteng  ini dalam hal infrastruktur tinggal beberapa lagi yang dianggap besar, maka untuk itu beliau menekankan pada pembangunan Pemberdayaan Masyarakat seperti ekonomi, budaya, olahraga, pertanian dapat lebih ditingkatkan agar langsung dapat dirasakan nilai kesejahteraannya”. Sebelum membuka Secara Resmi Acara Musrenbang ini beliaupun mengatakan bahwa Desa Bojonggenteng adalah yang pertama melaksanakan khususnya di Kecamatan Jampangkulon.

Musyawarah dipimpin langsung oleh Achmad Effendi selaku Ketua BPD dan pembahasan/pemaparan Rancangan RKPDes 2019 dan Daftar Usulan RKPDes 2020 dibahas oleh Tim Penyusun RKPDes yang telah dibentuk sebelumnya dengan Keputusan Kepala Desa. Hasil Akhir Musyawarah bahwa seleruh Peserta meyepakati bahwa Rancangan RKPDes tahun 2019 dan DU RKPDes 2020 dapat  diterima dengan beberapa catatan perbaikan atas masukan peserta, sehingga Tim Penyusun harus menyempurnakannya sesuai dengan regulasi yang baru sebelum nanti ditetapkan dengan Peraturan Desa tentang RKPDes tahun 2019. tepat pukul 13.45 WIB Pimpinan Musyawarah (Ketua BPD) menutup acara Musrenbangdes tersebut. (Drag)

Facebook Comments
About bojonggenteng 54 Articles
Salah satu desa di kecamatan jampangkulon sukabumi

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan