CAMAT KUNJUNGI BUMMI CENTER : Jampang Festival in Ramadhan 2018

Camat Jampangkulon saksikan peragaan alat musik bambu
pagelaran seni budaya

bojonggenteng.desa.id – Jampangkulon, 10/6/2018. BUMDes Mandiri Desa Bojonggenteng Ekspose Prudes dalam Kegiatan Jampang Festival in Ramadhan 2018 yang dilaksanakan Sabtu dan Minggu (9-10 Juni 2018) di Taman Alun-alun Jampangkulon-Sukabumi. Jampang Festival in Ramadhan 2018 memberikan peluang kepada setiap pengusaha untuk mempromosikan produknya, begitupun terhadap seluruh BUMDes di wilayah Jampangkulon. Namun keterlibatan BUMDes Mandiri (BUMMI CENTER) Desa Bojonggenteng menjadi satu-satunya BUMDes yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Hal ini menunjukan masih kurangnya eksistensi BUMDes dalam mempromosikan potensi lokal. Selain promosi berbagai jenis Kue hasil produksi Industri Rumahan binaan BUMDes, Jersey dan T-Shirt dengan brand RMJ27 dan Abdullah Butet menjadi produk yang prioritas pertama dipromosikan BUMDes Mandiri Desa Bojonggenteng, mengingat fanatisme Grasstrack begitu luar biasa di Jampangkulon. Dengan banyaknya pengunjung yang diperkirakan 1.500 orang dapat dipastikan produk mampu dikenal publik.

Stand BUMMI CENTER

“Kami berikan apresisasi kepada BUMDes Mandiri Bojonggenteng yang telah berupaya mengenalkan produk-produk lokal kepada publik, semoga hal baik ini bisa diikuti oleh BUMDes lainnya di Jampangkulon”. ungkap H. Utang Supratman, SPd., SIP, MM. (Camat Jampangkulon) saat mengunjungi stand BUMDes Mandiri. Dalam kesempatan yang sama Bapak Henda Pribadi selaku Ketua Presidium FORKODA Kabupaten Jampang Ngawujud, menyoroti masalah Ijin Usaha Mikro yang perlu disupport oleh pemerintah terkait, sehingga legalitas Home Industri binaan BUMDes bisa dimiliki dengan cuma-cuma. Hal tersebut penting untuk dimiliki, sebagai penunjang kegiatan usaha yang mampu berdaya saing ke depannya.

Produk Binaan Bumdes

Di setiap Desa memang banyak sekali kegiatan usaha potensial, tapi permasalahan lainnya terletak pada sisi pemasaran yang masih sulit dilakukan. Perijinan usaha, sertifikasi halal, ijin PIRT dengan daya dukung kemasan yang menarik adalah beberapa unsur penting dalam produksi. Tapi sasaran pemasaran produk adalah tujuan sebuah produksi dan harapannya pemerintah terkait bisa mendorong agar terbangun kerjasama yang baik antar produsen dengan distributor atau konsumen. “Apresiasi dari kami, Panitia Penyelenggara Jampang Festival in Ramdhan kepada BUMDes Mandiri atas keikutsertaannya dalam kegiatan ini, kami mendorong untuk legalisasi dan proses administrasinya. Kemudian kami mendorong peran BUMDes yang lebih luas dalam mensejahterakan masyarakat”. tegas Bapak Usep Firdaus selaku Ketua Panitia Jampang Festival in Ramadhan 2018.

Kepala Desa Bojonggenteng bersama Pengelola Bumdes

Peran BUMDes diharapkan mampu mendongkrak perekonomian di Desa, mampu mengelola kekayaan dan potensi Desa demi kesejahteraan masyarakat Desa yang nantinya bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa demi mewujudkan Program Nawacita Presiden RI yakni Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia . Dukungan dan fasilitasi sekaligus peningkatan kapasitas pengelola BUMDes dari pemerintah masih sangat dibutuhkan. Dengan demikian semoga keberadaan BUMDes bisa memberikan kontribusi posistif terhadap perkembangan ekonomi Desa, sehingga bukan tidak mungkin nantinya akan berdampak pada perkembangan ekonomi Negara. #manfaatdanadesa #mulaidaridesa #prioritasdanadesa #salammerdesa (eris, drag)

Facebook Comments
About bojonggenteng 54 Articles
Salah satu desa di kecamatan jampangkulon sukabumi

2 Comments

Tinggalkan Balasan